- Home>
- Information >
- 5 Hal yang Mungkin Tidak Anda Ketahui dari F-35
28 January 2015
Anda pasti sudah tahu bahwa F-35 Lightning II adalah pesawat tempur
siluman multiperan generasi kelima yang dibuat oleh Lockheed Martin di
fasilitasnya di Fort Worth, Texas, Amerika Serikat. Tapi yang mungkin
Anda tidak tahu adalah bahwa saat ini lebih dari 100 pesawat telah
diserahkan dan sedang diterbangkan oleh pilot AS dan pilot internasional
di enam lokasi di Amerika Serikat.
Berikut adalah lima hal lainnya tentang F-35 Lightning II yang mungkin Anda tidak ketahui:
1. F-35B adalah pesawat STOVL supersonik pertama
Ini baru pertama kali dalam sejarah penerbangan, F-35B merupakan pesawat
tempur short-take off and vertical-landing (STOVL) atau lepas landas
pendek dan mendarat vertikal yang mampu terbang melampaui kecepatan
suara. F-35B merupakan salah satu varian dari F-35 yang digunakan oleh
Korps Marinir AS. Pada tanggal 10 Juni 2010, Letkol Matt Kelly, pilot
percontohan Korps Marinir AS menerbangkan F-35B STOVL dengan kecepatan
Mach 1,07 atau 1.311 kilometer per jam. Uji coba dilakukan di ketinggian
30.000 kaki di sekitar Naval Air Station Patuxent River, Maryland.
2. F-35 adalah satu-satunya pesawat yang pilotnya dapat melihat sekeliling melalui helm
Helmet Mounted Display Systems (HMDS) yang khusus dibuat untuk F-35 akan memproyeksikan informasi pada visor helm, berbeda dengan Heads-up Display (HUD) biasa. HMDS memberikan semua informasi yang dibutuhkan pilot F-35 untuk melakukan misinya dan kembali ke pangkalan dengan selamat tanpa harus kehilangan kewaspadaan.
Distributed Aperture System (DAS) pada F-35 merupakan rangkaian dari
enam kamera inframerah yang dipasang di sekitar pesawat yang akan
mengirimkan citra real-time ke helm, yang membuat pilot mampu melihat
'menembus' badan pesawat. Pilot dapat melihat lingkungan sekitar mereka
dengan jelas baik siang atau malam hari. DAS juga sepenuhnya
terintegrasi dengan sensor lain dalam pesawat, jadi jika radar F-35 ini
mendeteksi sesuatu yang menarik, perangkat lunak DAS akan menganalisanya
dengan cermat dan memberikan 'warning' kepada pilot jika itu adalah
ancaman.
3. F-35 adalah pesawat tempur siluman pertama yang dijual di luar Amerika Serikat
F-35 dikembangkan melalui program "Joint Strike Fighter" di awal
1990-an. Tujuan dari proyek ini adalah untuk menciptakan pesawat tempur
generasi kelima yang dapat diekspor ke luar negeri. Akhirnya proyek ini
berhasil melahirkan pesawat tempur siluman, yang dikenal sebagai F-35,
dengan tiga varian dan sembilan negara mitra pembuatnya: Australia,
Kanada, Denmark, Italia, Belanda, Norwegia, Turki, Inggris dan Amerika
Serikat.
Israel, Jepang, dan Korea Selatan juga telah bergabung ke dalam program
ini melalui Foreign Military Sales (FMS) atau penjualan militer asing.
Dengan semakin banyaknya sekutu yang menerbangkan F-35, koalisi akan
semakin kuat karena setiap pesawat dapat berbagi informasi pertempuran
secara real-time.
4. Kokpit F-35 dari seluruh varian dan yang dijual ke asing sama persis
Tidak seperti pesawat-pesawat AS sebelumnya, kokpit F-35 dilengkapi
dengan kaca layar sentuh besar agar pilot mudah berinteraksi dengan
sentuhan, cursor hooking dan pengenalan suara. Dengan teknologi baru
ini, pilot dapat mengubah ukuran, lokasi, dan isi dari apa yang tampil
pada layar, termasuk jendela besar dengan Tactical Situation Display
(TSD). Pilot dapat memanipulasi panel kontrol dan berinteraksi dengan
layar terpisah hanya dengan perintah sederhana. Dengan penggunaan sensor
fusion, pilot juga dapat melihat gambar operasional yang terintegrasi
di TSD. Sensor fusion memberikan gambaran situasi pertempuran yang mudah
dipahami oleh pilot.
5. Hampir 300.000 bagian dengan sekitar 11.000 nomor bagian unik yang digunakan untuk membuat F-35
Seluruh komponen yang diperlukan untuk membangun F-35 berada di pabrik
Lockheed Martin di Fort Worth, Texas. Proses produksi F-35 berdasarkan
prinsip-prinsip manufaktur yang telah teruji, peralatan generasi terbaru
dan tenaga kerja yang terampil. Strategi produksi F-35 berdasarkan moving component assemblies,
seperti sayap dan bagian depan pesawat, dari satu pesawat ke pesawat
lainnya. Ritme produksi semacam ini akan meningkatan efisiensi,
menurunkan biaya dan menghemat waktu, dan posisi pekerja untuk mencapai
standar kerja pada setiap pekerjaan. Lihat video dibawah.
Tag :
Information
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments