• 15 November 2016


    Walau saat ini harga MMC makin murah, namun bila MMC itu masihlah dapat diperbaiki mengapa juga kita harus membeli yang baru. Terlebih bila data berbentuk foto, video, atau file musik di dalamnya masih kita butuhkan. Barangnya boleh murah dan dapat ditukar dengan yang baru, namun data isi serta terutama kenangan itu tidak terbeli.. 

    Beberapa cara di bawah ini biasanya dapat dipakai pada semua jenis kartu memory, baik memory pada BlackBerry, Android, kamera, atau handycam. Oke berikut, beberapa cara memperbaikinya: 

    Langkah Pertama, 

    Mengeluarkan kartu memory dari ponsel. Pastika anda telah mematikan HP lebih dulu. Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Gosok pelan-pelan saja hingga bersih. Usahakan sisi tersebut tidak terkena kulit kita lagi, karenanya dapat mengotorinya.

    Sekarang silakan memasukkannya lagi kedalam slot memory di HP serta check apakah telah terdeteksi serta terbaca lagi data di dalamnya. Bila masih tidak terbaca, silahkan mencoba langkah ke-dua.
      
    Langkah Ke-2, 

    Dalam kondisi HP menyala, masuk ke pilihan ‘Options Memory Keseluruhan Space Repair” 
    Bila anda menggunakan Android pilihannya agak terbatas, masuk ke “Setting Storage Erase SD Card”. Ini bakal bikin kartu memory anda bersih seperti baru. Kadang-kadang dapat melakukan perbaikan kerusakan. Asal bukan rusaknya fisik yang parah. Teliti lagi, sudah dapat di baca apa belum, bila belum cobalah langkah berikutnya
      
    Langkah Ketiga, 
    Sambungkan HP ke laptop atau PC dengan kabel data. Yakinkan HP Anda tersambung dalama mass storage model, bukan media transfer mode. Lewat Windows Explorer, klik kanan pada drive kartu memory HP kita, pilih Properties, lalu Tools, Error Checking, tunggulah hingga usai. Centang saja semua piliha seperti gambar ini.


    Eject drive tadi, cabut kabel datanya. Cobalah teliti, apakah sudah terbaca atau belum.
      
    Langkah Ke empat, 

    Sama dengan langkah ke pertama di atas hingga langkah ke 3. Bila kartu memory anda betul-betul punya masalah, umumnya akan ada pesan kesalahan. Bila di laptop terbaca serta tampak baik-baik saja namun tetaplah tak terbaca di HP, teruskan dengan langkah berikut
      
    Buat folder baru di hard disk, berikan nama sembarang asal anda ingat bila folder baru ini akan jadi area untuk menyimpan sementara dengan kata lain backup isi kartu memory yang rusak tadi. Copy semua isi kartu memory, format kartu memory tadi. Langkahnya:
    tujukan cursor mouse pada drive kartu memory 
    click kanan 
    tentukan f0rmat 
    pilih/beri tanda centang pada pilihan FAT16 
    click Start serta tunggulah hingga usai baru tekan Close 

    kembalikan file hasil copy pada langkah ke 3 tadi ke kartu memory. Saat ini teliti lagi, masih gagal atau tidak. Agar kartu memorymu lebih awet tidak gampang rusak.

    Tips : 

    Kadang-kadang menghbungkan HP dengan laptop sedikit susah dikerjakan. Dapat lantaran tak ada kabel data atau Windows Explorer tetaplah tak dapat mengetahui kartu memory dengan baik. 

    Nah, cobalah gunakan card-reader saja. Atau bila anda memiliki modem, check apakah modem anda itu miliki sl0t memory, bila iya, gunakan itu saja, lantas kerjakan seperti beberapa langkah melakukan perbaikan kartu memory tidak terbaca rusak atau c0rrupt diatas. Mudah-mudahan MMC anda dapat berperan kembali.

    Sumber: http://www.rahasiabikinsehat.com/2016/04/memori-card-anda-rusak-tidak-terbaca.html

    0 comments

  • Nisekoi Template Designed by Johanes Djogan

    ©2016 - ReDesigned By Ani-Sudo