• 24 June 2015

    Harusnya setelah sahur jangan tidur, seharusnya setelah sahur melakukan hal yang berguna.Tidur setelah sahur memang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang pada bulan puasa atau Ramadhan dan makan sahur langsung tidur juga tidak melanggar hukum. Tetapi tahukah anda ada bahaya yang mengancam kesehatan kamu dari melakukan kebiasaan tidur setelah makan sahur. Berikut Bahaya Setelah Makan Sahur Langsung Tidur:
    Dampak Negatif Bahaya Tidur setelah Sahur



    Nah, tentunya kamu pasti ingin tahu ya apa bahaya yang akan ditimbulkan jika sehabis makan sahur langsung tidur, untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel berikut ini.

    1. Heartburn
    Merupakan sensasi terbakar yang menyakitkan di sekitar ulu hati hingga kerongkongan akibat refluks asam lambung. Ketika berbaring setelah makan, sistem pencernaan memang bekerja terlalu keras sehingga meningkatkan risiko refluks asam lambung yang bisa naik dari lambung sampai ke kerongkongan. Tidur setelah sahur biasanya kurang nyenyak dan sering bermimpi buruk.

    2. Stroke
    Nah, jika kamu tidak mau terkena stroke, sebaiknya jangan makan sahur langsung tidur, sebuah penelitian menemukan jika kondisi refluks asam memicu apnea tidur yang berkaitan dengan stroke. Sementara teori lain mengatakan kalau sistem pencernaan yang tak lancar memengaruhi kinerja tekanan darah dan kadar gula yang meningkatkan risiko stroke.

    3. Peningkatan berat badan
    Ini merupakan kabar buruk bagi kamu yang ingin punya badan kurus ketika puasa, nah bukannya semakin kurus ketika puasa berat badan kamu akan bertambah jika kamu melakukan kebiasaan tidur setelah makan sahur, berat badan bertambah karena tubuh tidak memiliki kesempatan untuk membakar kalori sehingga akan ditimbun sebagai lemak didalam tubuh.

    4. Refluks asam
    Biasanya refluks asam terjadi ketika katup antara perut dan esofagus tidak tertutup secara sempurna. Hal tersebut bisa terjadi ketika tubuh sedang berbaring. Akibatnya, asam dari lambung naik ke tenggorokan. Kondisi ini tentu membahayakan, terutama bagi penderita maag.

    Untuk efek jangka panjang, kebiasaan menyambung tidur setelah sahur juga telah dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke. Mengapa bisa? Karena tidur setelah makan membuat seseorang lebih rentan alami refluks. Refluks ini bisa memicu penyempitan saluran napas dan sleep apnea sehingga rentan mengalami henti napas saat tidur. Meski tidak menyebabkan stroke secara langsung, berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa sleep apnea berkaitan dengan risiko kerusakan pembuluh darah di otak yang menjadi pemicu seseorang terkena stroke. Hal ini tentunya perlu Anda waspadai.
    Maka dari itu, sebaiknya Anda tidak langsung tidur sehabis sahur. Setidaknya berikanlah jarak 1-2 jam untuk tidur lagi. Waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk beribadah ataupun olahraga sebentar seperti berjalan. Penting juga saat sahur sebaiknya mengonsumsi makanan sehat dan tidak makan dengan porsi yang berlebihan.

    0 comments

  • Nisekoi Template Designed by Johanes Djogan

    ©2016 - ReDesigned By Ani-Sudo