• 03 July 2014

       Tips Gunakan Search Engine Google Lebih Akurat  

    Ilustrasi Google (Foto : Touchmarketing) CALIFORNIA - Mesin pencari Google hampir digunakan oleh miliaran orang saat ini. Fungsi “search” yang terdapat pada Google memang sangat membantu siapapun untuk langsung menuju informasi yang diinginkan dengan cepat dan tepat.

    Akan tetapi masih banyak orang yang belum menguasai bahkan mengetahui bagaimana melakukan pencarian dengan efektif dan efisien pada search engine tersebut, agar mendapatkan data atau hal, sesuai yang diharapkan.

    Berikut adalah lima tips yang dapat dilakukan untuk menggunakan mesin pencari di Google agar mendapatkan hasil  yang lebih akurat seperti disitat melalui Maximumpc, Kamis (3/7/2014).

    Cari Situs Khusus
    Pertama yang dapat dilakukan agar bisa memanfaatkan mesin pencari Google dengan lebih akurat adalah menambahkan sedikit kode sederhana di depan kata yang ingin dicari tersebut.
    Misalnya jika Anda ingin melakukan pencarian dengan kata kunci Maximum PC, maka Anda dapat menambahkan  sedikit kode sederhana seperti “site:” (tanpa kutipan). Setelah itu bisa memasukan URL situs yang ingin dicari, contohnya, "site: maximumpc.com", maka Anda akan menemukan beberapa pilihan konten situs yang lebih baik dan akurat.

    Kata Kunci Spesisfik
    Terkadang jika Anda ingin menemukan dokumen tertentu di Google, itu bagaikan mencari sebuah jarum pada tumpukan jerami. Hal itu bisa diatasi dengan menggunakan kata kunci yang spesifik. Misal jika Anda ingin mencari ‘formulir pendaftaran’, bisa menggunakan kata depan ‘DOC’ atau ‘PDF; atau tipe file yang lainnya.

    Dengan begitu Anda akan langsung tertuju pada jenis file yang diinginkan tanpa harus membuang waktu lebih lama untuk menemukannya.

    Kata Kunci Tambahan
    Pengguna internet membutuhkan lebih dari satu sumber untuk membantunya memastikan informasi yang akurat. Untuk itu, jika Anda ingin menemukan halaman (konten) yang mirip dengan web sebelumnya yang dijadikan sebagai sumber, bisa menggunakan kata kunci “related:” atau “terkait:” (tanpa kutipan).

    Misal pengguna ingin menemukan konten  yang tidak jauh berbeda dengan pada halaman http://maximumpc.com, bisa menggunakan kata bantu “related: http://maximumpc.com”.

    Gunakan Google Images
    Pada umumnya pengguna internet hanya melakukan pencarian dengan menggunakan “kata-kata”. Tapi sebenarnya Anda juga bisa mencari dengan menggunakan “gambar” pada raksasa mesin pencari tesebut.

    Untuk melakukannya, Anda dapat  menggunakan Google Images, dengan masuk pada URL (http://images.google.com/imghp?hl=en), pengguna bisa melakukan pencarian gambar, dengan meng-uploadnya pada laman tersebut. Kemudian Google akan menjelajahi internet untuk menemukan gambar yang sama.

    Gunakan Google untuk Menghitung
    Google juga dapat dijadikan ‘kalkutor’ sederhana jika suatu waktu Anda membutuhkannya.  Misal jika Anda mengetik di bar pencarian 5*5 atau 10-3 lalu tekan enter, setelahnya Google akan kembali dengan hasil pencarian itu.
    (amr)

    Sekian Tips and trick dari saya ..
     

    0 comments

  • Nisekoi Template Designed by Johanes Djogan

    ©2016 - ReDesigned By Ani-Sudo